THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

About Me

Foto saya
pekanbaru, riau, Indonesia
salam kenal... maaf kalau ada kekuragan di sana,disini,dan disitu... :t ini adalah kali ke-3nya saya buat blog :D capek!!!dah di edit terus rusak!! :# akhirnya selesai juga .. :f yayaya,,untuk apa blog ini dibuat??! :? ya utuk tugas TIK...hehehe... :D blog ini di berisikan : pengetahuan umum sajak bebas ku :) dan sedikit tentang ku mengenai diri,i am fans of : inuyasha doraemon kekkaishi samurai x harry potter dan fisika... :0 that's it,terimakasih atas kunjungannya watch n learn.. :) wassalam

9.11.2008

WANTED :AIR BERSIH

Manusia mampu absen makan selama semiggu,tapi tidak untuk absent minum selama itu,dalam beberapa hari saja tanpa minum kita akan mati.bayangkan kalau kita tidak mandi dan gosok gigi karena tak ada air.that’s way water is every thing!

CUMA SEDIKIT
70% area permukaan bumi ini dilimpihai oleh air.tapi tau g sih kalauternyata Cuma sedikit saja dari persentase tersebut yang bisa kita dimanfaatkan,yakni Cuma 0,003% saja!sisanya merupakan air laur yang kadar garamnya terlalu tinggi untuk dikonsumsi.parahnya,sisa air yang hanya sedikit tersebut semakin berkurang karena pencemaraan air.limbah-limbah industri dan kimia,MCK ( mandi cuci kakus ) dan sampah pembuangan domestic,membuat air jadi berbahaya untuk digunakan.adanya penebangan liar juga memperkecil daya tampung air.itu artinya,makin sedikit pasokan air yang kita punya.

RED ALERT !
Akibat dari ketidakramahan kita terhadap sumber daya yang terbatas ini,krisis air bersih sudah melanda banyak orang di permukaan bumi ini.bayangkan,penduduk NTB dan NTT harus rela berjalan kaki hingga dua jam supaya bisa mencapai lokasi sumber air bersih.setiap hari lebih dari 1 milyar teman-teman kita di seluruh penjuru dunia merasa kurangnya persediaan air bersih untuk di minum.bahkan penulis vandha shiva dalam bukunya yang berjudul “water wars :privatisasi,profit,and polus “bahkan meemaparkan bahwa bayi dan anak kecil di meksiko terpaksa minum coca-cola dan pepsi karena kesulitan air bersih untuk di minum.

KRISIS AIR VS KESEHATAN
Hampir setengah penduduk dunia ini mengalami penyakit yang diakibatkan dari dehidrasi atau air yangtercemar seperti penyakit diare,cacingan,dan malnutrisi.WHO bilang,penyakit-penyakit ini sukses besar membuat lebih dari 5 juta anak-anak di dunia mati tiap tahunnya.dan tentunya jumlah ini terus bertambah seiring krisis air bersih yangterus menyebar di dunia,bahkn mungkin akan memnyebar di daerah tempat kita tinggal.astaghfirullahaladzim…Kurangnya pasokan air bersih juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan kita.anak-anak yang tinggal di komunitas kumuh di peru,dimana jumlah air bersihnya terbatas,memiliki tinggi badan dan memdapat nilai ujian yang rendah dibandingkan anak-anak dari daerah lain yang tinggal didaerah yang memilki akses air bersih.

PERHATIAN KHUSUS BUAT SI EMAS BIRU
Air di jaman kini menjadi barang dagang yang bernilai tinggi,hingga disebut-sebut sebagai si emas biru saking susahnya sekarang untuk mendapatkan air.oleh karena itulah kita harus menjaga kelestarian sumber daya yang tidak dapat di perbaharui ini.kita tidak boleh bersifat egois menghabiskan air untuk kehidupan kita sekarang,karena masih ada generasi selanjutnya yang membutuhkan air layaknya kita sekarang.Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan si emas biru ini, diantaranya adalah :1. menghemat penggunaan air dari sekarang2. kalau mandi,jangan sambil nyanyi sehingga mengabiskan air dan waktu yang semakin banyak3. bila sikat gigi atau cuci muka,matika keran iarnya agar air tidak berlimbah dan terbuang sia-sia4. buanglah sampah pada tempatnya agar tidak mengotori air yang ada di lingkungan.5. cintailah bumi dengan cara menanam pohon atau merawatnya sehingga ia dapat menyediakan air bagi kita.6. yang terpenting adalah,dari diri sendiri,mulai dari hal yang kecil dan tentunya ikhlas dalam melakukannya

0 komentar: