THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

About Me

Foto saya
pekanbaru, riau, Indonesia
salam kenal... maaf kalau ada kekuragan di sana,disini,dan disitu... :t ini adalah kali ke-3nya saya buat blog :D capek!!!dah di edit terus rusak!! :# akhirnya selesai juga .. :f yayaya,,untuk apa blog ini dibuat??! :? ya utuk tugas TIK...hehehe... :D blog ini di berisikan : pengetahuan umum sajak bebas ku :) dan sedikit tentang ku mengenai diri,i am fans of : inuyasha doraemon kekkaishi samurai x harry potter dan fisika... :0 that's it,terimakasih atas kunjungannya watch n learn.. :) wassalam

9.11.2008

SUNGAI-SUNGAI UNIK

Sungai tak hanya menjadi sumber mata air bagi makhluk hidup,sungai juga berandil dalam kehidupan masyarakat disekitarnya.dari sekian banyak sungai-sungai di dunia,telah di temukan beberapa sungai yang unik dan sedikit berbeda dari pada sungai bisanya.sungai apa sajakah itu??

1.SI TERPANJANG DARI NEGRI PIRAMIDSiapa yang tak kenal sungai ini??sungai yang terletak di negeri firaun ini telah tersohor di mana-mana Nama asli dari sungai ini adalah neilos atau aigyptos dari bahasa yunani yang menjadi awal terbentuknya nama mesir(Egypt).merupakan sungai terpanjang di dunia,dengan panjang mencapai 6.695 km.sungai nil bermuara di laut tengah sudah menjadi sumber kehidupan warga sejak zaman batu dulu…hmf..uniknya,sungai nil secara misterius tiap tahunnya selalu meluap untuk menyuburkan tanah mesir.

2.TERPENDEK JUGA TAK KALAH MENARIKKalau sungai nil adalah sungai terpanjang di dunia,sungai yang satu roe ini merupakan sungai terpendek di dunia!.panjangnya hanya 61 meter.terletak di giant springs heritage state park,Montana,usa.sungai ini mengalir menuju sungai Missouri yang merupakan sungai terpanjang di amerika.

3.THE BIGGEST RIVER EVERIni dia sungai terluas di dunia.tercatat sebagai sungai terpanjang kedua setelah nil dengan panjang 6.259km.luas amazon yang amazing yaitu sekitar 11 km pada musim kemarau dan mencapai 40 km pada musim hujan.ckckck!!bahkan pada bagian muaranya mencapai 325km,berhulu di pucak gunung nevado mismi pegunungan andes,peru,dan bermuara di samudra atlantik .amazon juga tercatat sebagai sungai dengan volumeair per detik tertinggi di dunia sekitar 300.000 m kubik per detik di musim hujan.saking luasnya,orang-orang menyebut amazon sebagai laut air tawar.

4.SI TUA YANG TERAMPINGAllah memang maha adil.ia selalu menciptakan sesuatu ini berpasang-pasangan,kalau ada yang menjadi sungai terluas layaknya amazon,tentu ada yang menjadi sungai terkecil.sungai haolai namanya,sungai ini begitu ramping dengan lebar hanya 6-10 cm dan kedalaman 50 cm,merupakan sungai tersempit di dunia.terletak di 210 km kota chifeng,cina utra(sekitar 400 km dari Beijing),sebelah danau dali nur,hexigten national geopark.kata’haolai’ dalam bahasa Mongolia berarti tenggorokan.yang lebih ‘amazing ‘lagi,sungai yang panjangnya hanya 17 km ini telah mengalir sejak 10.000 tahun yang lalu!!waww..

5.TERPOLUSI YANG TERSUCIBiar kata terpolusi..Bagiku kau tetap suciOow oow,I love you gangga..(I love u bibehnya cangcutter)Hehe..Itulah kata orang hindu India.walau menjadi sungai terpolusi di dunia,mereka tetap mengganggap sungai ini sungai paling suci di India karena banyak orang yang berziarah dan bermeditasi di sana.itu sebabnya sungai yang terletak di utara India dan Bangladesh ini di sebut the holy gangga.sungai ini mengalir dari pengunungan himalaya sampai teluk benggali dengan panjang 2510 km.

0 komentar: